Ini Alasan Bisnis Kuliner Jadi Pilihan Peluang Usaha Menjanjikan

Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut. Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan. Salah satu bisnis yang sering diubah menjadi franchise atau waralabah adalah usaha kuliner. Sekalipun bermula dari gerobak kecil keliling, apabila dilakukan dengan konsistensi, ketekunan serta kegigihan pasti suatu saat bisa membuka cabang dimana-dimana.

Dari keuntungan bisnis kuliner di atas jelaslah, usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang layak anda pertimbangkan. Keuntungan berlipat ganda, mudah dijalankan dan tak memerlukan lokasi usaha yang strategis. Jangan sampai ide bisnis kuliner anda yang brilian diambil oleh rekan kerja, teman dan orang lain.

Rencananya, untuk mengembangkan bisnisnya dia ingin buka cafe serba ada. Dengan menjual makanan favorit customer yang semua serba ada. Tidak hanya untuk urusan masakan sehari-hari, sebagai lulusan Tata Boga, kamu bisa meniti karier sebagai Chef de Cuisine atau pimpinan di dapur sebuah restoran. Tugasnya mulai dari pembuatan menu masakan, persiapan, proses, hingga menyajikan makanan. Ketangguhannya menghadapi perjalanan bisnis yang bertubi-tubi, menjadikan Billy pengusaha kuline sukses di usia muda. Ia pun membagikan pesan yang sangat inspiratif untuk para kaum millenial di akun instagramnya.

“Jadi sebenarnya alternative itu ada. Kalau yang negatif, saya melihatnya itu lebih kaya ke persiapannya untuk menghadapi covid ini,” ujar pendiri usaha kuliner Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan ini. Agar bisnis kuliner tak ‘mati’ begitu saja, Stefanie mengatakan para pengusaha haruslah siap untuk beradaptasi dengan kondisi yang disebut “new regular” ini. Aktur menyarankan bila sejak awal harus mencari tahu mengapa memilih kuliner sebagai bidang usaha. Bila dari awal tidak tahu tujuannya, pada pertengahan jalan akan dihadang oleh jalan buntu.

Menjadi pengusaha dibidang kuliner

Ini bisa digunakan sebagai titik sentral didalam menentukan jenis usaha yang akan dijalani. Suatu fakta yang sangat disayangkan bahwa sebagian besar pengusaha yang hanya fokus meningkatkan omzet penjualan dan kurang memperhatikan pelayanan dan menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Yang mungkin agak sulit untuk dilakukan disini adalah mengenali gizi dan mengetahui makanan mana yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan ataupun sesuai gizi yang dibutuhkan. Biasanya penyedia jasa katering menu food plan menuliskan gizi yang dikandung di menu makanannya, membuat konsumen lebih percaya dan yakin untuk mengonsumsi makanannya. Namun, mengapa memilih bisnis katering dan apa keuntungannya? Simak alasan mencoba bisnis katering rumahan berikut untukmu yang masih ragu memulai bisnis ini.

“Jangan sampai modal dan kerja keras yang telah dicurahkan berakhir cepat. Maka dari itulah edukasi sangat penting untuk menjalankan bisnis ini,” katanya. Hal pertama yang menjadi fokus kamu dalam membangun usaha kuliner adalah menjaga kualitas makanan agar tetap baik dan higienis dari bahan mentah hingga menjadi produk siap makan. Lakukan survey pasar untuk mengetahui keinginan konsumen di daerah anda membuka bisnis. Hindari untuk menjadi obyektif terhadap citarasa produk jualan anda.

Selalu jaga kebersihan tempat usaha kamu supaya konsumen merasa nyaman. Ide kreatif saja masih belum cukup sebagai modal menjadi pengusaha. Mental kuat serta sikap yang tahan terhadap tekanan menghadapi ketidakpastian suatu kondisi dalam berbisnis harus dimiliki pelaku usaha. Hal yang sama berlaku jika Anda menjalankan bisnis makanan ringan. Anda bisa menyediakan produk-produk yang cocok satu sama lainnya. Bisa juga dengan menghadirkan beberapa macam varian yang menarik.

Awalnya usaha burger ini tercipta dari hobi Velly yang senang membuat makanan. Lalu ia memutar otak bagaimana menciptakan kuliner khas anak muda. Setelah lulus SMA awalnya Reza hanya bekerja serabutan biasa. Sama sekali tak ada mimpi untuk masuk dalam profil wirausahawan sukses di bidang kuliner.